BELAJAR SEPANJANG HAYAT


Catatan Harian Seorang Guru IPA







Selamat berkunjung di blog kami, semoga bermanfaat

Kamis, 10 November 2016

Menulis itu Mudah, yang Sulit Menjaga Konsistensinya


Oleh Agus Pribadi

Menulis dapat dikatakan sebagai pekerjaan yang mudah. Setiap orang yang mengenal aksara dapat dipastikan bisa menulis. Tulisan dari hati (curhat) biasanya cukup mudah dilakukan. Ungkapkan saja uneg-uneg di hati dalam bentuk tulisan, maka akan tercipta tulisan. Meski sederhana. Meski tulisan pendek, yang penting tulisan. Hasil dari menulis.
Gambar Pixabay.com
Jika menulis itu mudah, maka yang sulit adalah menjaga konsistensinya. Konsistensi atau keajegan dalam menulis. Tidak harus setiap hari. Sekitar dua minggu terakhir ini saya nyaris tak menghasilkan tulisan. Baik fiksi maupun nonfiksi. Bukan karena jenuh menulis. Tapi memang ide-ide yang menari-nari di kepala saya biarkan beterbangan seperti kunang-kunang yang beterbangan di malam gelap, dingin, dan sunyi.
Sebelumnya saya biasa menulis hampir setiap hari. Satu, dua, atau tiga tulisan baik fiksi maupun nonfiksi sering saya hasilkan setiap harinya. Mungkin ini proses alami pasang surutnya seorang yang suka menulis.
Saya tidak ingin membuat alasan mengapa saya sekarang jarang menulis. Karena memang barangkali ini berasal dari diri saya sendiri. Namun, barangkali faktor rutinitas, aktifitas yang kadang terasa berat bisa mempengaruhi aktivitas menulis seseorang termasuk saya. Barangkali lebih baik menikmati suasana ini daripada menyesalinya. []

Share:

0 komentar:

VIDEO PEMBELAJARAN

Arsip

Frequency Counter Pengunjung

Artikel Terbaru

LINK SAYA

Komentar Terbaru

Konsultasi IPA