BELAJAR SEPANJANG HAYAT


Catatan Harian Seorang Guru IPA







Selamat berkunjung di blog kami, semoga bermanfaat

Kamis, 10 November 2016

Cara Menulis, Jawabannya Ada di Dalam Diri


Oleh Agus Pribadi

Jika seseorang bermimpi menjadi penulis, itu bagus. Dari itu, seseorang akan banyak mencari tahu berbagai kiat, cara, tip, jurus, dan sebagainya tentang menulis. Berbagai buku dibaca. Mesin pencari Google diubek-ubek. Para penulis terkenal di tanya. Semuanya ihwal menulis.
Gambar Pixabay.com
Seolah semua tentang menulis ada di luar sana. Seolah ihwal menulis tak pernah ada secuil pun di dalam diri. Jika itu yang dirasa, maka seseorang tak akan bisa menulis.
Pada awal mula mungkin boleh seperti itu. Tapi seiring pengalaman menulis, kesadaran seyogianya mulai bergeser. Bahwa cara menulis sebenarnya ada di dalam diri. Ya, di dalam diri!
Diri sendirilah yang menulis, bukan orang lain. Diri sendirilah yang akan menggunakan kolaborasi otak dan tangan untuk membuat tulisan.
Maka segeralah mengambil pena dan kertas atau membuka laptop. Mulailah menulis. Menulis tentang apa? Apa saja boleh! Otak yang bekerja mencari ide dan sebagainya, tangan yang mewujudkannya menjadi sebuah tulisan. Sesederhana apapun tulisan itu.
Masih teringat awal-awal saya menjadi Kompasianer. Saya banyak terkagum dengan tulisan-tulisan para Kompasianer di kanal Blogshoptips. Saya banyak mencari artikel tentang tips menulis. Namun ternyata membaca saja tidak cukup. Saya mulai ikut-ikutan menulis. Nekad menulis tips menulis. Padahal menulis saja belum becus. Namun keterusan, bahkan sampai sekarang saya masih suka menulis tips menulis. Padahal menulis saja masih belajaran.
Namun aktivitas saya belajar sambil menulis, menyadarkan saya. Bahwasannya jawaban atas pertanyaan bagaimana cara menulis adalah ada di dalam diri! Di luar sana ada teori, pengalaman orang lain, dan sebagainya tentang menulis. Tapi untuk memulai menulis ada di dalam diri. Yakni tekad dan kemauan untuk menulis.
Jadi, jika Anda bertanya pada saya bagaimana cara menulis yang baik? jawabannya ada di dalam diri Anda sendiri. []

Share:

0 komentar:

VIDEO PEMBELAJARAN

Arsip

Frequency Counter Pengunjung

Artikel Terbaru

LINK SAYA

Komentar Terbaru

Konsultasi IPA