Metode Jembatan Keledai untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Klasifikasi
Makhluk Hidup Bagi Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 5 Mrebet Pada Semester Gasal Tahun
Pelajaran 2015/2016
PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Disusun
oleh :
Agus
Pribadi
SMP
Negeri 5 Mrebet
Email
: aguspribadi1978@gmail.com
Gambar Pixabay.com
Bab I. Pendahuluan
A.
Latar
Belakang Masalah
Hasil belajar Klasifikasi Makhluk Hidup siswa kelas
7B SMP N 5 Mrebet masih rendah. Hal itu dapat dilihat dari nilai Ulangan Harian
pertama dan kedua pada tahun sebelumnya dengan rata-rata hanya 6,2 dan 6,7.
Padahal KKM untuk KD tersebut adalah 7.
Guru masih menggunakan metode konvensional dalam
mengajar materi klasifikasi makhluk hidup, yakni ceramah dan menulis di papan
tulis.
Hasil belajar Klasifikasi Makhluk Hidup yang
diharapkan adalah meningkat minimal sesuai dengan KKM, yakni 7.
Guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang
lebih inovatif, salah satunya menggunakan metode jembatan keledai.
Perlu adanya daya tarik dalam metode pembelajaran agar
siswa mau mempelajari Biologi dengan hasil belajar yang baik. Salah satu metode
pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi adalah
dengan menggunakan metode jembatan keledai.
Metode
jembatan keledai dipilih karena :
1) Menarik bagi siswa.
Dengan sifatnya yang menarik maka pembelajaran akan menyenangkan sehingga
sesuai dengan Pembelajaran PAKEM yang salah satu unsurnya adalah menyenangkan.
2)
Praktis
dalam penyajiannya
Dengan sifatnya yang
praktis, maka metode ini membantu siswa dalam memahami sebanyak-banyaknya ilmu
pengetahuan yang berkaitan dengan Biologi.
3)
Membantu
mengingat lebih lama
Metode ini membantu
siswa mengingat lebih lama materi pembelajaran. Siswa dibantu menemukan materi
melalui jalur yang lebih singkat.
B.
Rumuasan
Masalah
1.
Apakah melalui metode jembatan keledai
dapat meningkatkan Hasil Belajar Klasifikasi Makhluk Hidup Bagi Siswa Kelas
VIIB SMP Negeri 5 Mrebet Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016?
2.
Melalui metode jembatan keledai, berapa
peningkatan Hasil Belajar Klasifikasi Makhluk Hidup Siswa Kelas VIIB SMP Negeri
5 Mrebet Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016?
C.
Tujuan
Penelitian
1)
Tujuan
Umum
Mengetahui peran metode
Jembatan Keledai dalam meningkatkan hasil belajar Biologi.
2)
Tujuan
Khusus
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
metode jembatan keledai dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada
pelajaran Biologi Klasifikasi Makhluk
Hidup Siswa SMP Negeri 5 Mrebet Kelas VIIB Semester Gasal Tahun Pelajaran
2015/2016.
D.
Manfaat
Penelitian
1)
Manfaat
Teoritis
Manfaat yang diharapkan
dari penelitian ini adalah dapat diterapkan dalam praktek pembelajaran di
ruang-ruang kelas.
2)
Manfaat
Praktis
Manfaat bagi
siswa
untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Manfaat bagi guru untuk menemukan metode
pembelajaran baru. Manfaat
bagi sekolah
Untuk
meningkatkan prestasi akademik sekolah. Manfaat bagi perpustakaan sekolah
untuk menambah koleksi karya ilmiah PTK.
0 komentar:
Posting Komentar