BELAJAR SEPANJANG HAYAT


Catatan Harian Seorang Guru IPA







Selamat berkunjung di blog kami, semoga bermanfaat

Jumat, 11 November 2016

Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) IPA


Metode Jembatan Keledai untuk Meningkatkan Hasil Belajar  Klasifikasi Makhluk Hidup Bagi Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 5 Mrebet Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016



PROPOSAL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Disusun oleh :
Agus Pribadi
SMP Negeri 5 Mrebet
Email : aguspribadi1978@gmail.com











                                                                                                


Gambar Pixabay.com

Bab I. Pendahuluan

A.    Latar Belakang Masalah

Hasil belajar Klasifikasi Makhluk Hidup siswa kelas 7B SMP N 5 Mrebet masih rendah. Hal itu dapat dilihat dari nilai Ulangan Harian pertama dan kedua pada tahun sebelumnya dengan rata-rata hanya 6,2 dan 6,7. Padahal KKM untuk KD tersebut adalah 7.
Guru masih menggunakan metode konvensional dalam mengajar materi klasifikasi makhluk hidup, yakni ceramah dan menulis di papan tulis.
Hasil belajar Klasifikasi Makhluk Hidup yang diharapkan adalah meningkat minimal sesuai dengan KKM, yakni 7.
Guru perlu menggunakan metode pembelajaran yang lebih inovatif, salah satunya menggunakan metode jembatan keledai.

Perlu adanya daya tarik dalam metode pembelajaran agar siswa mau mempelajari Biologi dengan hasil belajar yang baik. Salah satu metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi adalah dengan menggunakan metode jembatan keledai.

Metode jembatan keledai dipilih karena :
1)      Menarik bagi siswa. Dengan sifatnya yang menarik maka pembelajaran akan menyenangkan sehingga sesuai dengan Pembelajaran PAKEM yang salah satu unsurnya adalah menyenangkan.
2)      Praktis dalam penyajiannya
Dengan sifatnya yang praktis, maka metode ini membantu siswa dalam memahami sebanyak-banyaknya ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan Biologi.
3)      Membantu mengingat lebih lama
Metode ini membantu siswa mengingat lebih lama materi pembelajaran. Siswa dibantu menemukan materi melalui jalur yang lebih singkat.



B.     Rumuasan Masalah
1.         Apakah melalui metode jembatan keledai dapat meningkatkan Hasil Belajar Klasifikasi Makhluk Hidup Bagi Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 5 Mrebet Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016?
2.         Melalui metode jembatan keledai, berapa peningkatan Hasil Belajar Klasifikasi Makhluk Hidup Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 5 Mrebet Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016?


C.    Tujuan Penelitian
1)      Tujuan Umum
Mengetahui peran metode Jembatan Keledai dalam meningkatkan hasil belajar Biologi.
2)      Tujuan Khusus
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode jembatan keledai dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Biologi  Klasifikasi Makhluk Hidup Siswa SMP Negeri 5 Mrebet Kelas VIIB Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016.




D.    Manfaat Penelitian
1)      Manfaat Teoritis
Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah dapat diterapkan dalam praktek pembelajaran di ruang-ruang kelas.

2)      Manfaat Praktis

Manfaat bagi siswa untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Manfaat bagi guru untuk menemukan metode pembelajaran baru. Manfaat bagi sekolah
Untuk meningkatkan prestasi akademik sekolah. Manfaat bagi perpustakaan sekolah untuk menambah koleksi karya ilmiah PTK.



Share:

0 komentar:

VIDEO PEMBELAJARAN

Arsip

Frequency Counter Pengunjung

Artikel Terbaru

LINK SAYA

Komentar Terbaru

Konsultasi IPA