Format RPP pada kurikulum 2013 mengalami beberapa perubahan.
Format RPP sebelumnya diatur pada permendikbud Nomor 81A tentang implementasi
kurikulum.
Format RPP dalam permendikbud nomor 81A adalah sebagai berikut:
IDENTITAS
A. Kompetensi Inti
(KI)
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator
1. KD Pada KI-1
2. KD Pada KI-2
3. KD Pada KI-3
Indikator:___
4. KD Pada KI-4
Indikator:___
C. Tujuan
Pembelajaran
D. Materi
Pembelajaran
E. Media/Alat, Bahan
dan Sumber Belajar
F. Metode
Pembelajaran
G. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
H. Penilaian.
Selain itu format RPP juga diatur dalam permendikbud nomor
58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP dan Permendikbud Nomor 59 Tahun 2014
tentang Kurikulum 2013 SMA. Di permen 58 tahun 2014 format RPP mengalami
perubahan dari permendikbud 81A, yaitu dihilangkannya Tujuan Pembelajaran dan
Metode Pembelajaran. Sedangkan di permendikbud nomor 59 tahun 2014 format RPP
beragam masing-masing mata pelajaran, ada yang tetap seperti permendikbud nomor
81A/2013 ada pula yang menghilangkan Tujuan Pembelajaran dan Metode
Pembelajaran. Ketika saya mengikuti Bimtek wakasek kurikulum di Surabaya,
instruktur menyatakan bahwa di permendikbud nomor 59/2014 banyak sekali
kontroversi sehingga kami diminta untuk menelaah untuk usulan revisi permen
59/2014.
Selanjutnya diterbitkan permendikbud nomor 103 tahun 2014
tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran. Permendikbud itu merupakan pedoman
pelaksanaan pembelajaran untuk jenjang SD, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK. Salah satu
isi permendikbud nomor 103/2014 adalah format RPP seperti di bawwah ini:
IDENTITAS
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar
1. KD pada KI-1
2. KD Pada KI-2
3. KD Pada KI-3
4. KD Pada KI-3
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1. Indikator KD pada
KI-1
2. Indikator KD Pada
KI-2
3. Indikator KD Pada
KI-3
4. Indikator KD Pada
KI-3
D. Materi
Pembelajaran
E. Kegiatan
Pembelajaran
F. Penilaian,
Remidial dan Pengayaan
G. Media/Alat, Bahan
dan Sumber Belajar
Perbedaan format RPP pada permendikbud 81A/2013 dan
permendikbud 103/2014 adalah:
1. Di permendikbud
81A/2013 terdapat tujuan pembelajaran dan Metode Pembelajaran sedangkan di
permendikbud 103/2014 tidak ada.
2. Di permendikbud
81A/2013 hanya ada Penilaian sedangkan di permendikbud 103/2014 dilengkapi
Penilaian, Remidial dan Pengayaan
3. Di permendikbud
81A/2013 indikator hanya untuk KD pada KI-3 dan KD pada KI-4 sedangkan di
permendikbud 103/2014 indikator untuk KD pada KI-1 sampai KD pada KI-4.
Di format RPP pada permendikbud 103/2014 juga ditegaskan
bahwa kegiatan saintifik (5M) tidak harus muncul dalam satu pertemuan.
Untuk mengunduh
permendikbud 103/2014 klik di sini
0 komentar:
Posting Komentar