BELAJAR SEPANJANG HAYAT


Catatan Harian Seorang Guru IPA







Selamat berkunjung di blog kami, semoga bermanfaat

Senin, 07 November 2016

Jembatan Keledai untuk Pembelajaran IPA SMP


Oleh Agus Pribadi, S.Si
Salah satu ciri pembelajaran IPA adalah menggunakan penalaran untuk memahaminya. Namun demikian bukan berarti IPA tanpa hapalan. Ada materi-materi yang juga memerlukan hapalan. Nah, untuk materi tersebut bisa menggunakan jembatan keledai.
gambar pxabay.com

Dalam Pramuka, untuk menghapal Dasa Darma Pramuka, banyak yang menggunakan jembatan keledai “taci papa rera hedi besu”. Demikian juga dalam IPA ada materi yang bisa menggunakan jembatan keledai, diantaranya adalah :
1.      Menghafal ciri-ciri makhluk hidup
‘narita bergerak makan sitake”
(bernafas, adaptasi, iritabilitas, bergerak, makan, ekskresi, tumbuh dan berkembang, berkembang biak)
2.      Menghafal tingkatan takson dalam klasifikasi makhluk hidup
“kifli di kelas bang sumarji”
(kingdom, filum (hewan), divisio (tumbuhan), kelas, bangsa, suku, marga, jenis)
3.      Menghafal langkah-langkah metode ilmiah
“mas data hipper ku per”
(merumuskan masalah, mengumpulkan data melalui pengamatan, hipotesis, percobaan, percobaan ulang, kesimpulan)
4.      Dan lain sebagainya.
Peserta didik dapat membuat sendiri untuk digunakan dalam menghafal materi pembelajaran.
Demikian artikel sederhana ini, semoga bermanfaat. Selamat mencoba![]

Share:

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih

VIDEO PEMBELAJARAN

Arsip

Frequency Counter Pengunjung

Artikel Terbaru

LINK SAYA

Komentar Terbaru

Konsultasi IPA