Oleh Agus Pribadi, S.Si
I.
Pendahuluan
PGRI lahir pada 25 November 1945. Sampai saat ini PGRI telah
memasuki ulang tahun yang ke-71. Hampir bersamaan dengan usia kemerdekaan
Negara Republik Indonesia, PGRI telah mengalami berbagai masa, dari masa
kemerdekaan, Orde Lama, Orde Baru, dan era Reformasi serta globalisasi sekarang
ini. Semua itu dilalui PGRI dengan segala dinamika dan pasang surut organisasi.
Sejalan dengan kemajuan zaman, maka peran serta PGRI pun
semakin menantang dan bertambah terutama di era internet seperti sekarang ini,
di mana informasi begitu cepat menyebar tidak hanya secara nasional namun
secara global di pelosok-pelosok dunia.
II.
Perumusan
Masalah
Dari
latar belakang pendahuluan di atas, maka dibuat perumusan masalah sebagai
berikut :
Apa
peran serta PGRI dalam meningkatkan profesionalisme Guru di Era Global?
III.
Pembahasan
Menurut Dasam Syamsudin (2010 :1), Di
era globalisasi, guru sangat dituntut meningkatkan profesionalitasnya sebagai
pengajar dan pendidik. Disamping profesionalitas, guru juga harus menghadapi
beberapa kata kunci dunia pendidikan yaitu, kompetisi, transparansi, efisiensi,
dan kualitas tinggi. Dari segi sosial, masayarakat global akan menjadi sangat
peka dan peduli terhadap masalah-masalah demokrasi, hak asasi manusia, dan isu
lingkungan hidup. Kendala tersebut harus dihadapi guru dengan sangat arif.
Dari pendapat di atas, maka beberapa
tantangan guru di era globalisasi yang harus didampingi PGRI sebagai salah satu
organisasi profesi guru adalah:
1)
Peningkatan profesionalitas guru di era global
yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi (internet) serta kompetisi,
efisiensi, dan kualitas tinggi yang merupakan beberapa kata kunci dunia
pendidikan.
Salah satu peran serta PGRI dalam hal
tersebut adalah melalui pelatihan-pelatihan di bidang internet dan lomba-lomba
pembuatan blog atau website guru serta kegiatan lain yang meningkatkan
profesionalitas guru di era global.
Menurut Harsojo,
Ali (2013:1), Peran PGRI Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru : pertama,
Bangkitkan Profesionalisme Anggota; kedua, Mengukuhkan Keahlian; ketiga, Menguatkan
Tanggung Jawab; keempat, Jejaring Sebagai Kekuatan Organisasi PGRI
2)
Masyarakat global sangat peka dan peduli
terhadap permasalahan demokrasi, hak asasi manusia, dan isu lingkungan hidup.
Peran serta PGRI dalam hal tersebut
adalah melalui sosialisasi, pendampingan, pelatihan serta bimbingan guru
terhadap wacana demokrasi, HAM, dan lingkungan hidup.
IV.
Kesimpulan
Peran
serta PGRI di era Global, diantaranya adalah :
1) peningkatan profesionalisme guru di
era global melalui pelatihan-pelatihan di bidang internet dan
lomba-lomba pembuatan blog atau website guru serta kegiatan lain yang
meningkatkan profesionalitas guru di era global.
2) Responsif
terhadap isu global melalui sosialisasi, pendampingan, pelatihan serta
bimbingan guru terhadap wacana demokrasi, HAM, dan lingkungan hidup.
V.
Daftar
Pustaka
Harsojo, Ali.
2013. Peran PGRI dalam Memperjuangkan Nasib Guru dan Meningkatkan
Profesionalsime Guru. http://sdnpajagalanii.blogspot.co.id/2013/12/peran-pgri-dalam-memperjuangkan-nasib_29.html
diunduh 26 Oktober 2016
Syamsudin, Dasam.
2010. Guru dan Tantangan di Era Globalisasi. http://www.kompasiana.com/dasam/guru-dan-tantangannya-di-era-globalisasi_55005d3ba33311d372510c10
diunduh 26 Oktober 2016
0 komentar:
Posting Komentar