BELAJAR SEPANJANG HAYAT


Catatan Harian Seorang Guru IPA







Selamat berkunjung di blog kami, semoga bermanfaat

Rabu, 26 Oktober 2016

Peran Serta PGRI dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di Era Global






Oleh Agus Pribadi, S.Si


I.                    Pendahuluan
PGRI lahir pada 25 November 1945. Sampai saat ini PGRI telah memasuki ulang tahun yang ke-71. Hampir bersamaan dengan usia kemerdekaan Negara Republik Indonesia, PGRI telah mengalami berbagai masa, dari masa kemerdekaan, Orde Lama, Orde Baru, dan era Reformasi serta globalisasi sekarang ini. Semua itu dilalui PGRI dengan segala dinamika dan pasang surut organisasi.
Sejalan dengan kemajuan zaman, maka peran serta PGRI pun semakin menantang dan bertambah terutama di era internet seperti sekarang ini, di mana informasi begitu cepat menyebar tidak hanya secara nasional namun secara global di pelosok-pelosok dunia.
II.                  Perumusan Masalah
Dari latar belakang pendahuluan di atas, maka dibuat perumusan masalah sebagai berikut :
Apa peran serta PGRI dalam meningkatkan profesionalisme Guru di Era Global?
III.                Pembahasan
Menurut Dasam Syamsudin (2010 :1), Di era globalisasi, guru sangat dituntut meningkatkan profesionalitasnya sebagai pengajar dan pendidik. Disamping profesionalitas, guru juga harus menghadapi beberapa kata kunci dunia pendidikan yaitu, kompetisi, transparansi, efisiensi, dan kualitas tinggi. Dari segi sosial, masayarakat global akan menjadi sangat peka dan peduli terhadap masalah-masalah demokrasi, hak asasi manusia, dan isu lingkungan hidup. Kendala tersebut harus dihadapi guru dengan sangat arif.
Dari pendapat di atas, maka beberapa tantangan guru di era globalisasi yang harus didampingi PGRI sebagai salah satu organisasi profesi guru adalah:
1)      Peningkatan profesionalitas guru di era global yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi (internet) serta kompetisi, efisiensi, dan kualitas tinggi yang merupakan beberapa kata kunci dunia pendidikan.
Salah satu peran serta PGRI dalam hal tersebut adalah melalui pelatihan-pelatihan di bidang internet dan lomba-lomba pembuatan blog atau website guru serta kegiatan lain yang meningkatkan profesionalitas guru di era global.
Menurut Harsojo, Ali (2013:1), Peran PGRI Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru : pertama, Bangkitkan Profesionalisme Anggota; kedua, Mengukuhkan Keahlian; ketiga, Menguatkan Tanggung Jawab; keempat, Jejaring Sebagai Kekuatan Organisasi PGRI
2)      Masyarakat global sangat peka dan peduli terhadap permasalahan demokrasi, hak asasi manusia, dan isu lingkungan hidup.
Peran serta PGRI dalam hal tersebut adalah melalui sosialisasi, pendampingan, pelatihan serta bimbingan guru terhadap wacana demokrasi, HAM, dan lingkungan hidup.

IV.                Kesimpulan
Peran serta PGRI di era Global, diantaranya adalah : 
1)      peningkatan profesionalisme guru di era global melalui pelatihan-pelatihan di bidang internet dan lomba-lomba pembuatan blog atau website guru serta kegiatan lain yang meningkatkan profesionalitas guru di era global.
2)      Responsif terhadap isu global melalui sosialisasi, pendampingan, pelatihan serta bimbingan guru terhadap wacana demokrasi, HAM, dan lingkungan hidup.
V.                  Daftar Pustaka
Harsojo, Ali. 2013. Peran PGRI dalam Memperjuangkan Nasib Guru dan Meningkatkan Profesionalsime Guru. http://sdnpajagalanii.blogspot.co.id/2013/12/peran-pgri-dalam-memperjuangkan-nasib_29.html diunduh 26 Oktober 2016
Syamsudin, Dasam. 2010. Guru dan Tantangan di Era Globalisasi. http://www.kompasiana.com/dasam/guru-dan-tantangannya-di-era-globalisasi_55005d3ba33311d372510c10  diunduh 26 Oktober 2016

Share:

0 komentar:

VIDEO PEMBELAJARAN

Frequency Counter Pengunjung

Artikel Terbaru

LINK SAYA

Komentar Terbaru

Konsultasi IPA